Pricing (Harga)

Kamis, 19 Mei 2011

REPORTASE KE - 7 MANAJEMEN PEMASARAN DAN JASA PENDIDIKAN
A.  Pengertian Harga
Harga adalah sejumlah uang yang akan ditukarkan untuk memperoleh sebuah barang. Ada juga yang menyebutkan bahwa harga adalah sejumlah nilai yang digunakan untuk memperoleh manfaat dari kepemilikan/penggunaan jasa.
B.  Factor-faktor yang mempengaruhi harga
Ada beberapa factor yang mempengaruhi harga, baik internal ataupun eksternal. Berikut adalah penjelasannya :
1)   Faktor internal
Berikut ada empat factor internal yang mempengaruhi dalam sebuah harga diantaranya;
a) Cost (harga pokok)
Harga pokok = BB + TKL + OH + laba
Ket. :
BB = Bahan Baku
TKL = Tenaga Kerja Langsung
OH = Over Head
b)  Marketing Mix Strategy
Dalam factor ini melihat beberapa aspek dari barang yang sama dan dijual ditoko yang berbeda-beda.
c)  Marketing Objective
Dalam factor ini tidak mempedulikan untung ataupun ruginya.
d)  Organitational Conderation
Dalam factor ini yang ada kaitannya dengan; SDM, produk baik dalam kemasan ataupun outletnya, Coverage (jangkauannya).

2)   Faktor Eksternal
Terdapat tiga factor ekternal yang mempengaruhi harga, berikut penjelasannya;
i.  Market (pasar)
Didalam pasar terbagi menjadi 3 bagian yaitu;
·   Pure Competition
·   Monopoli
·   Oligorki : beberapa perusahaan yang menentukan harga.
ii.     Demand
Tentang kekuatan permintaan.
iii.    Competition (pesaing)
Dan ada beberapa factor ekternal yang lainnya, yaitu;
·   Politik
·   Sosial     : ada barang-barang yangtidak boleh dijual di tempat-tempat tertentu.
·   Hukum   : ada perundang-undangan yang terkait dengan label HALAL dan barcode.
·   Ekonomi    : tergantung segmen pasar.
·   Geografi    : harga akan berubah sesuai strategi atau tidaknya tempat menjual.

C.  Pendekatan dalam Penentuan Harga
  1. Cost Based Pricing : dilihat dari barang dan tempatnya. Penghitungannya ; HPP+laba.
  2. Value Based Pricing : dilihat dari konsumennya, dalam hal ini tergantung dari kelompok sasaran konsumen.
  3. Competition Based Pricing : sebagai dasar pemutusan.
D.  Price Adjustment Strategy (Strategi dalam Harga)
·         Discount & Allowance (tukar tambah)
·         Segmented Pricing (kelompoknya)
·         Psychological Pricing – reprecing ( sesudah mendapat informasi dari sebelumnya terkait harga)
·         Promotional Price : pvomosi yang diberikan terkait kegiatan yang di promosikan.
·         Geograph Price : tempat berbeda harga juga berbeda.
·         International Price

0 komentar:

Posting Komentar