Seperti yang sudah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya, bauran pemasaran ( marketing mix ) merupakan alat bagi pemasar yang terdiri atas berbagai unsure suatu program pemasaran yang perlu dipertimbangkan agar implementasi strategi pemasaran dan positioning yang ditetapkan dapat berjalan sukses. Bauran pemasaran pada produk barang yang kita kenal selama ini berbeda dengan bauran untuk bauran pemasaran untuk produk jasa. Hal ini terkait dengan perbedaan karakterisrik jasa dan barang sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya.
Dalam hal ini bauran pemasaran produk barang mencakup 4P, yaitu produk, price, place, dan promotion. Sedangkan untuk jasa keempat hal tersebut masih dirasa kurang mencukupi. Para pakar pemasaran menambahkan tiga unsur lagi, yaitu people, process, dan customer service. Ketiga hal ini terkait dengan sifat jasa dimana tahapan operasi hingga konsumsi merupakan suatu serangkaian yang tidak dapat dipisahkan serta mengikutsertakan konsumen dan pemberi jasa secara langsung. Dengan kata lain terjadinya interaksi langsung antara keduanya ( meski tidak untuk semua jenis jasa ).
Sebagai suatu bauran, unsur-unsur tersebut saling mempengaruhi satu sama lain sehingga bila salah satu tidak tepat pengorganisasiannya maka akan mempengaruhi strategi pemasaran secara keseluruhan. Dengan demikian, unsur bauran pemasaran jasa terdiri atas tujuh hal :
· Product : Jasa seperti apa yang ingin ditawarkan.
· Price : Bagaimana strategi penentuan harga
· Promotion : Bagaimana Promosi yang harus dilakukan.
· Place : Bagaimana sistem penyampaian jasa yang akan diterapkan.
· People : Jenis kualitas dan kuantitas orang yang akan terlibat dalam pemberian jasa.
· Process : Bagaimana proses dalam operasi jasa tersebut.
· Custumer service : Tingkat jasa yang bagaimana yang akan diberikan kepada konsumen.
2 komentar:
wah sip lah hehe
thanks for your comment :)
Posting Komentar