KUALITAS

Kamis, 09 Juni 2011

Reportase pertemuan KE-10 MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN

Kualitas adalah suatu strategi dasar bisnis yang menghasilkan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan atau bahkan melampaui harapan konsumen bukan saja satu kali tetapi berulangkali dan memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Secara konsep, ada tiga macam bentuk kualitas:

  1. Satu-satunya, maksudnya adalah kualitas yang ditimbulkan akibat dari hanya satu produsen produk seperi itu sehingga bersifat absolute. Karena hanya satu-satunya penghasil produk tersebut, jumlah barang yang diproduksi pun tidak dapat mencukupi kebutuhan pelanggan (jumlah sedikit). Contoh di bidang pendidikan yaitu Universitas Negeri Jakarta, satu-satunya universitas negeri di Jakarta.

  1. Standar, maksudnya adalah kualitas yang bersifat relative (penyesuaian yang berubah-ubah tergantung situasi).


  1. Consumer satisfaction (kepuasan pelanggan), maksudnya adalah kualitas yang bersifat memenuhi kebutuhan pelanggan. Begitu banyak jumlah konsumen dengan selera yang berbeda-beda, namun bagaimana caranya agar tetap bisa membuat konsumen senang dan puas. Dalam hal ini dikenal istilah Consumer Behaviour (perilaku atau sifat konsumen). Contohnya adalah bisnis MLM dengan consumer behavior yang condong untuk bisnis perempuan. Contoh di bidang pendidikan yaitu Nobel Pendidikan, walaupun beralaskan kepuasan konsumen, tetapi tetap ada value yang mengikat.

Bagaimana kita dapat mengetahui perilaku konsumen?? Adalah dengan Marketing Intellegence (mata-mata). Untuk mengupdate trend baru di masyarakat, perlu menggunakan marketing intelligence. Tujuan hal ini yaitu untuk memantau apakah tipe konsumen yang suka membeli atau tipe yang eksklusif. Dari ketiga macam bentuk kualitas di atas, pasti timbul di pikiran kita bagaimana kita mengetahui kalau barang itu berkualitas?? Caranya adalah dengan memperhatikan berapa jumlah pelanggan yang dimiliki sebuah toko. Semakin banyak jumlah pelanggan berarti barang yang diproduksi toko tersebut berkualitas.

Dibayangkan kualitas itu seperti ikan, dimana kepala ikan sebagai kualitas dan rusuk-rusuk tulang ikan sebagai alasan apa yang membuat suatu produk itu berkualitas. Misalnya rusuk-rusuk tulang ikan di sisi kiri itu ada: daya tahan, harga, sumber daya manusia (SDM), sarana, dan kurikulum sedangkan di sisi kanan itu ada: merk, kemasan, kemudahan lokasi, promosi, dan fitur (keistimewaan tambahan).

0 komentar:

Posting Komentar