PRINSIP - PRINSIP DALAM SEGMENTASI

Rabu, 13 April 2011

REPORTASE KE - 5 MANAJEMEN PEMASARAN DAN JASA PENDIDIKAN


Reportase kali ini membahas mengenai prinsip-prinsip tekait dengan segmentasi dalam membahasan pertemuan minggu lalu.


Prinsip – prinsip untuk menjadikan pertimbangan segmen :

·   Terukur . dimana terkait dengan besar atau kecilnya, terkait dengan daya beli yang berhubungan dengan penghasilan (purchase in power)

·   Accessibility, dimana aksesibilitas terkait dengan pelayanan yang diberikan kepada konsumen.

·   Keuntungan, perlu diperhitungkan dahulu untung atau ruginya sebelum dibukanya pevusahaan atau bisnis yang baru akan dijalankan.

·   Actionable, lebih ke arah dapatkah diwujudkan atau tidak sama sekali.


Setelah merumuskan kita harus mengevaluasi, diantaranya;

·   Dapat dievaluasi berdasarkan ukuran benar atau tidaknya.

·   Seberapa attativenya, seberapa besanya, seberapa dinamisnya permintaan pasar.

·   Sumber daya yanmg dimiliki.

Berdasarkan pembagiannya pasar dibedakan menjadi dua jenis;

·   Different Marketing, pasar yang membagi-bagikan/membeda-bedakan (segmen) suatu pasar.

·   Undifferent Marketing, pasar yang tidak membagi-bagikan segmen.

·   Consentrate marketing, pasar yang focus.

·   Market Covered Strategic, disini penjual tidak membuka toko, namun barang yang dijual tidak pasaran yang dapat dijajakan penjual lainnya, namun biasanya penjual hanya membuka stokist, misalny TIENS, Oriflame, Sophie Martin, dll.

Dilihat dari cara bagaimana mempromosikannya, yaitu :

·   Posisi, posisi strategis sangat menentukan. Karena kita dituntut untuk memberikan kenyamanan dalam memposisikan toko.

·   Adventages, keuntungan juga bias dilihat dari keuntungan yang kompetetif yang harus mampu mempromosikan tempat yang strategis.

·   Strategi mempromosikan, dengan membuat brosur, pamphlet, poster, ataupun bias dengan melalui media televise, majalah, radio.

Dilihat dari cara bagaimana mengkomunikasikan dan mengarahkan, penyampaian di KFC, McD, jauh berbeda dengan pelayanan di warteg.

Ada beberapa cara untuk mempromosikan, pertama melalui media yang komunikatif dan yang kedua adanya feedback, yang dimaksud disini adalah manfaat yang didapat.

Kemudian dilihat dari bagaimana membuat konsumen merasa lebih hebat, produsen harum memiliki anggapan apapun yang dikonsumsi harus merasakan perkembangannya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mohon ditambahkan sumber nya

Posting Komentar