PELUANG BISNIS DAN USAHA - MANAJEMEN PEMASARAN DAN JASA

Selasa, 22 Maret 2011

Jenis Usaha   : Bergerak dibidang boga
Nama Usaha    : D’fast and Cracker’s


 ·        Latar belakang
Kue kering yang juga sering disebut cookies berasal dari kata koekie yang artinya small cake. Bahan dan cara pembuatan kue kering memang tidak jauh beda dengan cara membuat cake. Meskipun begitu, di Indonesia sebutan cookies malah menjadi kue kering karena rasanya yang memang renyah dan kering. Membuat kue kering sekilas tampaknya amat mudah. Semua bahan dicampur lalu dibentuk dan dioven. Padahal prosesnya tak semudah itu. Ada beberapa hal yg perlu diketahui dan lakukan agar kue kering tidak sekadar jadi, tetapi enak rasanya.
Maka dari itu bisnis yang saya jalani ini tidak hanya membuat kue kering yang enak saja, tetapi selalu memberikan kepuasan baik dalam harga jualnya ataupun penampilan dari kue kering itu sendiri. Karena menurut saya yang terpenting adalah kualitas bukan kuantitas.

·        Alasan membuat usaha ini....

Berawal dari hobi memasak, namun salah satunya saya pun suka ngemil, akhirnya tersirat pikiran untuk membuat usaha kue kering sendiri. Selain itu, ada sedikit peluang yang menurut saya “menjamin” akan sebuah “kesuksesan”. Tante saya adalah mantan koki di sebuah restoran ternama khususnya dalam membuat makanan penutup, kue-kue dan sejenisnya. Yaaa, setidaknya bisa sedikit nyontek ilmunya. Ada keinginan untuk membuatnya menjadi suatu yang nyata, sesuatu yang bisa dikenal orang pada umumnya.

Selain itu, keluarga saya yang cukup banyak, yang membuat saya tidak perlu mencari pekerja. Toh didepan mata sudah terlihat jelas SDM-nya. Heheehhe...
Jadi dari sekian faktor pendukung yang menurut saya sangat mendukung akan kelancaran berbisnis ini. Saya sangat antusias menjalankannya. Menjadikan bisnis ini dapat dikenal orang banyak, adalah satu cita-cita saya dari dulu. Kalau pun ada kesempatan, insya allah, saya akan pergunakan dengan baik.

·        Produk
Berikut ada beberapa jenis kue kering yang “ D’fast and Cracker’s ” co. Buat diantaranya;
  

 ·        Strategi Pemasaran

Jadi, dalam hal pemasarannya, langkah awal, saya akan memberikan sedikit promosi ke orang-orang terdekat, misalnya ke tetangga, teman sejawat, keluarga jauh. Dengan demikian, mereka bisa menilai hasil dari produk kami. Kemudian langkah berikutnya, saya akan memudahkan pelanggan dalam bertransaksi, karena info penawaran, info pemesana dan sebagainya akan kami sambungkan langsung dalam social network (facebook, twitter, tokobagus.com, kaskus <fjb>). Dengan cara ini mereka bisa membayar dengan transfer. Dengan syarat ada konfirmasi dari pihak kami sebelumnya. Kemudian kami akan mengirim pesanan ke alamat yang sudah diberikan oleh pelanggan kami. Maka saya juga menggunakan jasa pengiriman, jika pemesanan di luar Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar