LINGKUNGAN PEMASARAN

Senin, 21 Maret 2011

 Reportase pertemuan KE-3 MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
JAKARTA, 16 Maret 2011. Posting saya kali ini adalah reportase pertemuan ke-4 (seharusnya) tetapi karena minggu kemarin (pertemuan ke-3) dosen kami Amril Muhammad, SE., M.pd. selaku dosen Manajemen Pemasaran dan Jasa Pendidikan, berhalangan hadir, dikarenakan ada keperluan, maka perkuliahan pada tanggal 9 Maret terpaksa ditiadakan. Dan baru tanggal 16 Maret kemarin kami adakan pertemuan kuliah tatap muka dimana beliau membahas tentang Analisis Lingkungan Pemasaran.

Sambil membuka buku teks sebagai buku panduan mengajarnya, Pak Amril, yang biasa kami sapa seperti itu memulai perkuliahan dengan memberikan intermezo yaaa, seperti menyapa apa kabar, dll seperti itulah. Masuk ke materi, mulanya beliau melempar pertanyaan pada salah satu dari kami mahasiswanya, beliau bertanya apa arti/makna dari “lingkungan”. Beberapa ada yang menjawabnya hanya dengan senyum, ada yang menjawabnya dengan serius. Berikut sedikit materi yeng dibahas beliau selama perkuliahan berlangsung.

Jadi dalam pengertiannya lingkungan pemasaran yaitu pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang berdampak pada kemampuan pengelola pemasaran untuk mengembangkan dan mampu menjaga agar transaksi yang dilakukan dengan pelanggan dapat berlangsung dengan lancar.

Terdapat dua macam lingkungan pemasaran, yaitu lingkungan eksternal dan internal dalam pemasaran. Berikut adalah penjabarannya;

  1. Lingkungan Internal Pemasaran
Sering disebut dengan mikro environment yang memiliki beberapa komponen, diantaranya;
-          supplier, pemasok bahan baku
-          market channel form, terkadang kita tidak dapat membeli secara langsung, maka ari itu ada channel-channel tertentu.
-          Customer (pelanggan), kita harus mengetahui sifat lingkungannya.
-          Pesaing (kompetitor), adanya pesaing akan membuat organisasi menjadi tertantang untuk lebih produktif dan kreatif.
-          Publik (masyarakat), dalam hal ini kita harus tahu, apakah masyarakat sekitar dapat menerima keberadaan organisasi tersebut, tanpa mengganggu komunitas lingkungan sekitarnya.

Yang termasuk ke dalam lingkungan internal dalam pemasaran diantaranya;
1.      Manusia, merupakan komponen utama dalam internal yang memiliki kaitan diantaranya dalam hal :
§         Kompetensi, yaitu kemampuan yang harus dimiliki seseorang untuk melakukan pekerjaan
§         Placement, yaitu penempatan yang tepat akan mempengaruhi kinerjanya, harus yang sesuai keinginan dan kemampuannya. “Right man in Right place”.
§         Promotion, atau peningkatan dimana adanya keinginan untuk meningkatkan jabatan yang biasanya disebut promotion dalam dunia kerja.
2.     Kebijakan, yang menggambarkan visi dan misi yang akan dicapai serta digunakan
§         Visi dan misi dikatakan penting, karena dua hal ini menggambarkan mau kearah mana organisasi tersebut diarahkan. Visi dan misi berbeda disetiap organisasi, kerena setiap organisasi memiliki cara serta pencapaian dalam mencapai tujuan.
§         Aturan, setiap organisasi memiliki aturan yang berbeda dimana didalam sebuah organisasi dalam aturannya itu terdapat suatu hal yang boleh dilakukan dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan.
§         Target, tujuan atau target merupakan bagian yang sangat penting yang akan dicapai oleh organisasi tersebut.
3.     kepemimpinan, setiap pemimpin memiliki cara yang berbeda dalam memimpin begitu juga dengan cara pencapaian tujan yang diharapkan.
§         Sentralistik, Ada yang bersifat sentralistik dimana kepemimpinan tersebut berpusat pada pemimpin itu sendiri.
§         Demokratis, gaya pemimpin yang apabila ingin mengambil sebuah keputusan ia mendengar segala aspirasi sari bawahannya.
§         Lepas tangan, yang mengalihkan pekerjaannya pada tingkat dibawahnya.
§         Orientasi pada tugas, pemimpin tidak memberikan feedback (umpan balik). Yang terpenting bawahan bekerja sesuai yang diinginkannya.
§         Orientasi pada orang, memberdayakan SDM agar bawahannya merasa nyaman.
4.     Reward Sistem, pekerja itu penting untuk mendapatkan reward, selain berfungsi untuk meningkatkan semangat kerja. Ada 2 jenis rewar yang diberikan;
§         Material : yang berupa materi biasanya diberikan gaji atu tunjangan atau bonus.
§         Non material : ini biasanya berupa pujian dan respon yang baik dari apa yang telah dilakukan oleh pekerjanya itu sendiri.
5.     Cuture (budaya), menjelaskan tentang nilai-nilai yang dianut, dimana yang tergambarkan pada suatu identitas yang tampak secara fisik yang dapat memberikan nilai (value).

  1. Ekternal Environment
Ada beberapa hal yang termasuk dalam lingkungan eksternal di pemasaran, diantaranya;
  1. Demografi: diliah dari kepadatan penduduknya, lokasinya, usia, gender, ras, dan jenis pekerjaannya.
  2. Economic Environment, menjelaskan tentang daya beli yang dapat dilakukan oleh masyarakat, tergantung lingkungan dari amsyarakat itu sendiri.
  3. Natural Environment, atau bisa disebut juga denga lingkungan alam yang mempengaruhi proses pemasarannya.
  4. Teknologi Lingkungan, adanya teknologi dapat membuat suatu kondisi yang kondusif dalam proses pembelajaran serta dapat membuat nama suatu sekolah menjadi terangkat karena fasilitas yang disediakan tersebut.
  5. lingkungan Budaya, lingkungan budaya di sini berasal dari luar organisasi.



Fattia Rakhmalianni
1445096073
Reportase ke-3
Manajemen Pemasaran dan Jasa Pendidikan

0 komentar:

Posting Komentar