Segmentasi Pasar Jasa Pendidikan

Rabu, 30 Maret 2011

REPORTASE PERTEMUAN KE-4 MANAJEMEN PEMASARAN DAN JASA PENDIDIKAN
Jakarta, 23 maret 2011. Pada posting ke-5 saya, kali ini dalam perkuliahan Manajemen Pemasaran dan Jasa Pendidikan, dosen kami Amril Muhammad, SE., M.pd. menjelaskan bahwa pada prinsipnya pasar adalah tempat bertemunya pembeli potensial dan penjual atau penyedia layanan produk (barang dan jasa). Dan didalamnya digolongkan menjadi beberapa jenis pemasarannya, yaitu;
1.      Mass Marketing
Dimana dalam penjualannya yang dalam skala besar menghasilkan produk yang banyak, namun harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal. Dapat dicontohkan pada PT. Coca-Cola, mereka memproduksi secara besar-besaran tanpa takut rugi, karena mereka dapat mendistribusikannya hampir diseluruh dunia dan dapat diterima orang banyak. Atau misalnya di PRJ, disana banyak penjual dan banyak pula pembeli, karena mereka beranggapan tidak akan rugi selama banyak pembeli.
2.     Eksklusif marketing,
Dalam jenis ini sering disebut kebalikkan dari definisi Mass Marketing tadi. Karena mereka memproduksi atau menjualnya sedikit.
3.    Variety Product Marketing
Dalam jenis ini penjualan produk yang ditawarkan bervariasi dimana terdapat features yang berbeda atau tambahan gaya (style), ukuran yang variatif, serta kualitas. Misalkan dalam penjualan kemeja atau baju yang berkerah, dapat ditambahkan bermacam model, seperti ada baju (kemeja) berkerah sanghai, kerah V, dan sebagainya.

 Segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi beberapa kelompok, yang dibedakan menurut kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku, yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda. Begitu penjelasan Pak Amril mengenai definisi dari segmen pasar, yang kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan hal-hal dalam melakukan proses segmentasi, diantaranya ;
  • Mengidentifikasikan dasar pembuatan segmentasi
Yang termasuk didalamnya yaitu, geografis, demografis, dan psikografis. Sebagai mana perinciannya sebagai berikut :
1.       Geografis: membagi pasar berdasarkan cakupan wilayah :
§   Nation :  menjual produk di dalam atau di luar negeri.
§   State (negara) : mengenai pertimbangan aturan – aturan di negara yang bersangkutan.
§   Region (wilayah) : wilayah dimana saja yang merupakan cakupan pasar untuk tempat tujuan pengiriman.
§   Cities (kota) : mempertimbangkan wilayah tempat pembuatan atau penyebaran hasil produksi. Dilihat juga dari strategi pembayaran. 
2.     Demografis : yang membagi pasar berdasarkan ;
§   Usia : mengidentifikasinya berdasarkan usia. Biasanya disesuaikan usia pada saat menjual baju, gayanya disesuaikan dengan umurnya.
§   Gender (jenis kelamin) : ini jelas, karena antara lelaki dan perempuan terlihat jelas dibedakan, misalnya banyak kita jumpai produk-produk yang dikhususkan untuk wanita, atau pria. Topi, sepatu, baju, dan sebagainya.
§   Family size : faktor ini melihat dari banyak sedikitnya jumlah anggota dalam suatu keluarga. Misalnya dalam membeli mobil keluarga yang beranggotakan banyak maka akan lebih memilih mobil berukuran besar dengan kapasitas yang bisa memuat banyak orang. 
§   Family  life recycle : faktor ini biasanya terdapat pengklasifikasian. ini dicontohkan misalnya ada sepasang suami istri yang ingin berlibur hanya dengan suaminya saja, maka mereka hanya membeli paket liburan yang khusus dua orang tanpa anak.
§   Pendapatan (gaji) : faktor gaji disini dapat diklasifikasikan, dari jumlah gaji yang bawah, menengah kebawah,tengah, menengah keatas, kadudukan tertinggi.
§   Jenis Pekerjaan : dibedakan berdasarkan jenis pekerjaanya apakah dia seorang manajer, atau hanya pegawai biasa.
§   Latar Pendidikan : dapat disesuaikan dengan tingkat kelulusannya dan berhubungan juga denga jenis pekerjaannya.
§   Religion (agama) : adanya faktor yang mengidentifikasdi dengan keyakinan seseorang terhadap agama yang dianutnya, contohnya halal atau tidaknya makanan. Karena umat muslim diharamkan untuk memakan makanan yang diharamkan.
§   Ras : ini diidentifikasi berdasarkan ras, misalnya ada pembedaan kulit  hitam dan putih (di Amerika).
    1. psikografis : membagikan pasar berdasarkan:
      • kelas sosial : tinggi, rendah, sedang
      • life style : cassual, glamour, trendy
      • personality : ambisius, otoriter, ordinary.
  • Menentukan dasar segmentasi, orang atau bisa juga kita mengembangkan profil dari segmen. Misalnya kita membuat TK atau penitipan anak, disini jelas, apakah anak diasuh atau hanya diajarkan bernyanyi dansebagainya.
Yaaa seperti itulah, jadi pada intinya pertemuan kali ini kami hanya membahas sampai proses segmentasi. Minggu depan akan dilanjutkan kembali. Tentunya dengan topik yang berbeda, terimakasih...

0 komentar:

Posting Komentar